Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kembali program Beasiswa Unggulan (BU) 2013, bekerja sama dengan Bank CIMB Niaga.

Pendaftaran di perguruan tinggi dilakukan paling lambat pada 26 Agustus 2013 untuk disampaikan ke Sekretariat Beasiswa Unggulan pada 31 Agustus 2013. Nantinya, mereka akan menjalani ikatan kerja di CIMB Niaga setelah lulus dari universitas, dengan masa kerja selama empat tahun.

Dikutip dalam laman resmi Setkab, Senin (22/7/2013), syarat-syarat pendaftaran dalam program beasiswa ini mudah saja kok. Kita lirik yuk.
1. Pelajar tingkat SMA yang lulus tahun 2013/2014.
2. Memiliki prestasi akademis dengan nilai rata-rata minimum 8,00.
3. Memiliki prestasi nonakademis tingkat nasional dan internasional.
4. Masuk pada 11 Universitas Negeri yaitu UI, ITB, UGM, Unpad, IPB, Undip, ITS, Unair, UB, USU, dan Unhas di tahun akademik 2013/2014.
5. Seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui perguruan tinggi terkait. Sekretariat Beasiswa Unggulan tidak menerima pendaftaran program Beasiswa Unggulan-CIMB Niaga.
6. Berkas pendaftaran yang telah dikirimkan tidak dapat diminta kembali. Kirimkan berkas sertifikat, ijazah, dll dalam bentuk fotokopi.
7. Mengajukan surat permohonan melalui perguruan tinggi yang ditujukan kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kemendikbud.
8. Melampirkan fotokopi slip gaji orangtua dan rekening listrik rumah tempat tinggal orangtua/wali.



Setelah kalian melewati proses pendaftaran, tentunya akan ada proses selanjutnya agar apa yang kalian idam-idamkan tercapai. Nah, tahap pertama, seleksi administrasi dilaksanakan oleh Kemendikbud dengan mempertimbangkan semua kelengkapan dokumen.

Selanjutnya di tahap kedua, adalah tes tulis yang terdiri dari tes psikologi dan kemampuan bahasa Inggris. Tes tahap ini diselenggarakan oleh CIMB Niaga dan Kemendikbud di masing-masing perguruan tinggi.

Kemudian di tahap tiga, dilakukan wawancara yang terdiri dari wawancara panel dan wawancara akhir. Tahap ini juga dilaksanakan di kantor CIMB Niaga terdekat sesuai dengan domisili perguruan tinggi.

Terakhir, pada tahap empat, hasil seleksi kemudian dibahas oleh tim kelompok kerja CIMB Niaga dan Kemendikbud. Hasil seleksi diumumkan dalam bentuk surat lulus dan disampaikan kepada perguruan tinggi serta langsung diteruskan kepada yang bersangkutan.

Ayo, tunggu apalagi, buruan daftar sebelum ditutup pada 31 Agustus 2013 dan klik di laman ini saja.