FLMK - Untuk menekan angka pengangguran, Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur kembali menggelar bursa lowongan kerja yang diikuti 4 perusahaan ternama di DKI Jakarta. Dalam kegiatan itu, sedikitnya 600 lowongan pekerjaan disediakan mulai dari tenaga keamanan, staf administrasi perbankan, marketing, teknisi, hingga perhotelan.

Kegiatan yang digelar di kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur ini, cukup diminati para pencari kerja yang rata-rata lulusan SMA dan SMK. Tak kurang 650 orang mendatangi stand lowongan kerja yang disediakan yang mayoritas pelamarnya baru saja menamatkan sekolah.

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur, Purwanto, mengatakan, sedianya ada 10 perusahaan yang diundang dalam bursa lowongan kerja ini. Namun yang hadir hanya empat perusahaan, sebab keenam perusahaan tersebut saat ini belum membutuhkan tenaga kerja baru.

“Kegiatan ini sengaja digelar untuk menekan angka pengangguran, utamanya terhadap mereka yang baru lulus sekolah. Bahkan nantinya dalam menyambut HUT ke-482 DKI, bursa lowongan kerja ini akan dibuka lagi dalam skala yang lebih besar dengan melibatkan banyak perusahaan,” jelasnya, Kamis (26/5).

Purwanto menambahkan, untuk pelamar mereka harus melampirkan surat lamaran kerja, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), kartu kuning, pas photo ukuran 4x6 dan foto copy KTP. Bagi mereka yang tak lulus seleksi, pihaknya menawarkan untuk mengikuti pelatihan di balai latihan kerja (BLK). Nantinya mereka akan diberi kesempatan magang kerja di luar negeri, seperti ke Jepang, Singapura, Malaysia dan sebagainya.

“Minimal mereka yang magang itu memiliki sertifikasi dari BLK. Kalau pun tidak ada, cukup ijazah dari SMK yang telah terakreditasi. Namun untuk dapat magang di luar negeri juga harus lulus tes kesehatan. Mereka tidak boleh memiliki tato, tindik atau anting-anting,” tandasnya, beritajakarta.