Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka lowongan kerja CPNS bagi 3.183 lulusan SLTA, D-3, D-4/S-1, S-2, dan S-3 di seluruh Indonesia.

CPNS Kemendikbud ini akan ditempatkan sebagai dosen dan tenaga kependidikan (teknis/administrasi/medis/paramedis) di perguruan tinggi negeri (PTN), serta di berbagai unit teknis lainnya. Misalnya saja di Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktoktorat Jenderal PAUDNI, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Lembaga Sensor Film.

Seperti halnya pendaftaran CPNS di kementerian/lembaga pemerintah lainnya, pendaftaran CPNS di Kemendikbud juga dilakukan secara online. Pendaftaran dibuka pada 23 September hingga 7 Oktober 2013.

Untuk mendaftar, pelamar harus melakukan registrasi terlebih dahulu di https://cpns.kemdikbud.go.id untuk mendapatkan username dan password. Kemudian, pelamar mengirimkan surat lamarannya menggunakan tinta hitam dengan menyebutkan nama jabatan serta kualifikasi akademik yang dilamar dan ditandatangani oleh pelamar.

Dalam berkas lamaran dilampirkan:
  1. Hasil cetakan (print-out) formulir pendaftaran online yang telah di tandatangani;
  2. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
  3. Fotokopi STTB/ijazah yang terakreditasi dan telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (surat keterangan tidak berlaku);
  4. Untuk ijazah luar negeri harus melampirkan surat keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian ijazah dari Ditjen Dikti Kemendikbud;
  5. Fotokopi Surat Keputusan (bukan surat keterangan) pengalaman kerja minimal 16 tahun delapan bulan dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus sejak 1 April 1997 - 1 Desember 2013 bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun;
  6. Fotokopi kelengkapan tambahan (persyaratan khusus) jika dipersyaratkan unit kerja.


Ingat ya, pengiriman berkas lamaran hanya dilakukan melalui pos/ekspedisi maksimal 7 Oktober cap pos. Lamaran terakhir diterima panitia unit kerja pada 8 Oktober 2013.

Daftar pelamar yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan di laman CPNS Kemendikbud dan laman utama Kemendikbud. Jadwal ujian akan diumumkan kemudian.