Forum Lowongan Kerja - Setelah sekian lama bekerja dan merasa telah berkontribusi maksimal dan berjasa pada perusahaan, Anda pasti memiliki keinginan untuk meminta kenaikan gaji. Jika Anda memang merasa patut menerima kenaikan gaji, tak perlu takut mengajukannya.

Namun sebelum mengajukan permohonan kenaikan gaji, Anda wajib melakukan evaluasi atas kinerja yang telah Anda lakukan selama ini untuk perusahaan. Yakinkan diri apakah Anda benar-benar berhak mengajukan kenaikan gaji. Jangan hanya dilandasi tujuan material semata karena iri melihat teman sejawat memiliki gaji yang lebih tinggi daripada Anda. Bila kinerja Anda buruk tapi Anda tetap mengajukan permohonan kenaikan gaji, Anda justru akan dinilai sebagai orang yang tidak realistis. Intinya, lakukan kewajiban Anda kepada perusahaan (bekerja maksimal), baru Anda bisa menuntut hak Anda (salah satunya kenaikan gaji).

Saat yang tepat untuk meminta kenaikan gaji adalah pada saat perusahaan dalam keadaan baik dan performa kerja Anda juga sangat memuaskan. Misalnya, Anda baru saaj menyelesaikan proyek dengan sukses, mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi perusahaan. Selain itu, Anda dapat mengajukan kenaikan gaji saat Anda mendapatkan tambahan beban kerja yang signifikan dan berkelanjutan. Untuk mengajukan permohonan kenaikan gaji, Anda harus memiliki kinerja yang maksimal dan membuktikan kesetiaan Anda pada perusahaan.

Langkah meminta kenaikan gaji
Berikut adalah tips dari Novie Espiritu, konsultan senior dari AAJ Executive Search, soal prosedur yang sopan untuk meminta kenaikan gaji:



* Pembicaraan soal permohonan kenaikan gaji harus langsung Anda ajukan pada atasan Anda, bisa tatap muka atau lewat surat elektronik. Sebelumnya, Anda harus membuat janji untuk pertemuan tersebut. Pertemuan ini sebaiknya juga dihadiri oleh penyelia tepat di atas Anda, dan pihak personalia.

* Sebelumnya, cari informasi, data, atau survei sebanyak-banyaknya mengenai gaji untuk posisi dan masa kerja yang sama dengan Anda di beberapa perusahaan yang selevel dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Bila ternyata gaji Anda saat ini di atas rata-rata harga pasar, agak sulit rasanya meminta kenaikan gaji.

* Gali informasi dan pengalaman teman atau orang di sekitar Anda yang telah berhasil mengajukan kenaikan gaji.

*Berikan alasan yang bisa diterima dan dapat membuktikan bahwa diri kita memiliki performa yang baik selama ini. Sebaiknya Anda menjelaskan bahwa kenaikan gaji yang Anda ajukan tidak semata-mata karena tujuan materi. Yakinkan atasan Anda bahwa permohonan itu akan mendukung performa Anda yang semula telah baik menjadi lebih baik lagi.

* Buat daftar proyek-proyek yang berhasil Anda kerjakan dengan hasil yang memuaskan. Buat pula rincian pengeluaran Anda yang menunjang pekerjaan Anda, bila Anda merasa gaji Anda sebagian besar hanya dikeluarkan untuk keperluan perusahaan. Susun semua data itu menjadi berkas laporan yang rapi.

* Saat pertemuan itu tiba, arahkan pembicaraan langsung pada tujuan awal Anda, yaitu memohon kenaikan gaji. Tak perlu bertele-tele. Bicaralah dengan sopan dan jelas. Jangan bicara dengan nada mengancam atau memohon berlebihan, apalagi menangis. Bila ternyata permohonan Anda tidak dipenuhi, terimalah keputusan tersebut dengan profesional.