Forum Lowongan Kerja Mitra Kerja Indonesia - Pada jaman sebelum Adam Smith, yang namanya industri biasanya berlaku one man can do anything. Baru setelah Adam Smith mengeluarkan filosophy-nya tentang work distribution, maka ketika dipakai produktifitas industri melonjak sampai 6000%.

Di Indonesia memang perusahaan merasa lebih beruntung kalau mereka bisa menghire orang yang tahu semua, sehingga mereka merasa bahwa mereka bisa menekan ongkos karena cuman memerlukan lebih sedikit tenaga kerja. Padahal secara produktifitas sebenarnya mereka merugi, karena output yang dicapai tidak optimal.

Pembagian kerja sudah sangat umum diterapkan di Amerika, sehingga banyak yang bilang bahwa kerja di Amerika sebetulnya jauh lebih mudah dari pada kerja di Indonesia. Malah ada teman yang sudah posisi senior di perusahaan besar tidak berani pulang ke Indonesia karena ketika temannya di Indonesia cerita tentang cara kerja di Indonesia, dia merasa dia tidak mungkin mampu mengikutinya.

Mungkin untuk posisi high level yang bersifat lebih abstract yang harus tahu selak selik seluruh proyek memang sebaiknya yang perlu tahu semua. Tapi tetap saja di sarankan mereka tidak perlu mengetahuinya secara mendetail dan menyerahkan detailnya ke yang lebih mampu.